Pengantar Bisnis Informatika

Nama :  Angger Ridho Abdullah
Npm :  50415780
Jurusan  :  Teknik Informatika
Dosen :  Siti Saidah, SKOM., MMSI.
Mata Kuliah :  Pengantar Bisnis Informatika

DEFINISI UMUM

Bisnis adalah usaha terorganisir dari individu untuk menghasilkan dan menjual, untuk mendapatkan keuntungan, barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebuah bisnis kemudian adalah organisasi yang mencari untung melalui individu yang bekerja menuju tujuan bersama. Sasaran bisnis akan bervariasi berdasarkan jenis bisnis dan strategi bisnis yang digunakan. Terlepas dari strategi yang disukai, bisnis harus menyediakan layanan, produk atau barang yang memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beberapa cara.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau teknologi (ICT) merupakan istilah umum yang mencakup semua teknologi untuk manipulasi informasi dan komunikasi. Istilah ini kadang-kadang digunakan dalam preferensi untuk Teknologi Informasi (TI) / Information Technology (IT), khususnya di dua masyarakat: pendidikan dan pemerintah. Dalam penggunaan umum adalah sering diasumsikan ICT ini identik dengan IT; ICT sebenarnya meliputi segala media untuk merekam informasi (magnetis disk / tape, optical disk (CD / DVD), flash memori dll dan mungkin juga kertas catatan); teknologi informasi untuk penyiaran - radio, televisi, dan teknologi untuk berkomunikasi melalui suara atau gambar dan suara - mikrofon, kamera, loudspeaker, telepon hingga telepon selular. Termasuk di berbagai jenis perangkat keras komputer (PC, server, mainframes, penyimpanan jaringan), yang berkembang pesat pribadi perangkat keras yang terdiri dari pasar ponsel, perangkat pribadi, MP3 player, dan masih banyak lagi; penuh dari keseluruhan aplikasi perangkat lunak yang terkecil dari rumah - dikembangkan spreadsheet perusahaan terbesar ke paket perangkat lunak dan layanan online, dan hardware dan software yang diperlukan untuk beroperasi untuk jaringan transmisi informasi, sekali lagi mulai dari rumah ke jaringan global terbesar swasta jaringan komersial yang dioperasikan oleh perusahaan-perusahaan besar, dan tentu saja, Internet . Dengan demikian, "ICT" membuat lebih eksplisit bahwa teknologi seperti penyiaran dan telekomunikasi selular nirkabel akan disertakan.
Perlu dicatat bahwa "ICT" oleh Inggris ini adalah definisi dan nuansa yang berbeda dalam lingkup daripada di bawah "ICT" di Jepang, yang lebih teknis dan dalam lingkup yang sempit.
ICT kemampuan sangat bervariasi dalam kecanggihan terutama di barat sedikit kurang di negara-negara berkembang. Tetapi negara berkembang akan menyusul dengan cepat, melompati generasi mengembangkan teknologi baru dan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bisnis informatika adalah bisnis manajemen informasi yang muncul, teknologi informasi, dan informatika. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan ilmu komputer dan administrasi bisnis ke dalam satu bidang. Disiplin khusus ini dimulai di Jerman, dan popularitasnya telah menyebar ke seluruh Eropa tengah dengan banyak lembaga pendidikan tinggi yang menawarkan gelar empat tahun di bidangnya. Ini adalah disiplin yang berubah dan berkembang dengan cepat, dan pengajarannya harus selalu direvisi dan dipertimbangkan kembali.
Bidang seperti informatika bisnis bersifat interdisipliner, yang berarti menggabungkan beberapa bidang studi dan keahlian menjadi satu. Untuk sepenuhnya memahami apa itu, akan sangat membantu untuk memahami komponennya. Yang pertama dari ini, informatika, secara luas didefinisikan sebagai ilmu pemrosesan informasi. Semakin banyak, melibatkan pemrosesan dan penganalisaan informasi secara digital, dengan bantuan komputer. Informatika sering digunakan secara sinonim dengan istilah "ilmu komputer", meskipun yang terakhir memiliki makna yang agak lebih spesifik. Kedokteran dan biologi, serta ilmu sosial, dapat menggunakan informatika untuk memajukan pekerjaan mereka.
Teknologi informasi, juga disebut IT untuk pendek, adalah komponen kedua informatika bisnis, dan ini sedikit berbeda dari informatika. TI biasanya mengacu pada pengaturan, konfigurasi, dan pemeliharaan sistem komputer, termasuk perangkat keras dan aplikasi perangkat lunak. Mahasiswa informatika bisnis diajarkan tentang masalah yang berhubungan dengan IT, tetapi juga untuk mengusulkan dan bekerja melalui solusi, mungkin dengan menerapkan strategi dan teknologi baru. Manajemen atau administrasi bisnis merupakan komponen ketiga dari bidang, dan mereka yang mempelajari disiplin ini belajar dan mengembangkan atribut seperti kepemimpinan dan pemikiran strategis, yang merupakan kemampuan penting bagi siapa pun dalam manajemen untuk memilikinya.
Seseorang yang terlatih dengan baik dalam informasi bisnis dapat bertindak sebagai perantara atau jembatan untuk menghubungkan manajemen dengan sisi informasi suatu perusahaan. Kedua belah pihak memahami, para ahli yang memenuhi syarat akan dapat membantu mereka yang menggunakan komputer dan sistem informasi. Ini didefinisikan sebagai banyak perusahaan yang terstruktur di sekitar disiplin ini akan semakin menjadi norma. Ini adalah kasus dengan bisnis dalam industri ilmu kehidupan, yang membutuhkan penyimpanan data dalam jumlah besar, dan membutuhkannya untuk bekerja dengan sempurna. Ketika bisnis menjadi lebih didorong oleh kualitas informasi, sebagian besar perusahaan mungkin akan melihat kebutuhan untuk menerapkan informasi bisnis sampai taraf tertentu, agar tetap kompetitif.
Salah satu jenis bisnis informatika yang saya pilih adalah perusahaan startup fintech penyedia layanan komputasi awan yaitu CloudKilat. Pasar fintech semakin membara di Indonesia. Bank Indonesia sempat mendefinisikannya sebagai fenomena yang menggabungkan sebuah teknologi dengan fitur finansial yang mentransformasi model bisnis dan mempermudah pengadopsian layanan keuangan, di mana perbankan sulit mengaksesnya.
Data menurut Asosasi Fintech Indonesia mengatakan sepanjang tahun 2015-2016 pertumbuhan pemain fintech di tanah air mencapai 78%. Belum lagi jika kita mendengar berapa banyak startup fintech yang menerima pendanaan di sepanjang tahun 2017 ini.
Bagaimana sejatinya sebuah startup fintech yang hanya terdiri dari beberapa orang saja, sanggup melakukan penetrasi pasar yang tak mampu terjangkau oleh perbankan konvensional?
Jawaban tersebut ada di dalam kultur sebuah startup fintech itu sendiri. Karena nyaris 99% startup digital mengadopsi komputasi awan yang menawarkan daya komputasi virtual dan ruang penyimpanan tak terhingga, tanpa memerlukan investasi besar.
Hasilnya, para bisnis yang terlahir berkat teknologi komputasi awan ini mampu membangun dan menyesuaikan penawaran produknya berdasarkan permintaan pasar secara real-time. Kegesitan ini yang menjadikan mereka lebih fleksibel saat berkompetisi dengan institusi keuangan besar yang biasanya terikat oleh regulasi dan birokrasi teknis yang ada.
Masyarakat dewasa ini mengidamkan sebuah layanan yang mandiri, tanpa gesekan, dan mengizinkan mereka mendapatkan yang mereka inginkan dengan cepat. Entah itu memesan taksi, check-in di bandara, membayar belanja, hingga memesan hotel dadakan. Apapun kasusnya, dua keuntungan yang sama-sama ditawarkan fintech dan komputasi awan ialah: kalkulasi harga dan fleksiblitasnya.
CloudKilat sendiri menawarkan solusi sebuah tampilan dashboard yang mampu memberikan pratinjau dari keadaan servernya di awan.
Memanfaatkan komputasi awan dengan maksimal, beberapa startup fintech juga mewujud menjadi penyedia layanan SDM (human-resource) atau akuntansi berbasiskan komputasi awan. Sebut saja Jojonomic, Jurnal.id, dan lain sebagainya.
Para penggiat fintech memahami manfaat-manfaat komputasi awan dengan baik: kecepatan, fleksibilitas, peluncuran produk ke pasar, penekanan biaya, dan tentunya juga mitigasi resiko keamanan. Dan seperti teknologi lainnya, fintech juga terancam oleh segala jenis kejahatan cyber karena data finansial adalah hal yang sensitif.
Sementara urusan keamanan menjadi perhatian masing-masing pemain fintech, tetapi ada kepercayaan diri dari perlindungan yang ditawarkan penyedia layanan komputasi awan itu sendiri.
Seperti apa yang ditawarkan oleh CloudKilat, tak hanya memiliki keamanan dan ketangguhan di tingkat infrastrukturnya, tetapi juga di pelayanan 24/7 yang selalu responsif untuk para pelanggannya. Komitmen keamanan ini yang menjadikan para pemain fintech dapat fokus ke produknya.


PI (Penulisan Ilmiah)/Karangan Ilmiah/kampus lain menyebutnya dengan (TA) 
Dalam perkuliahan di universitas Gunadarma, berbagai jurusan di masa semester 6, semua mahasiswa diwajibkan membuat suatu project program yang dapat dipertanggungjawabkan ketika diuji oleh dosen penguji saat melakukan sidang PI (Penelitian Ilmiah), yang bertujuan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar setara muda. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai ringkasan PI yang sudah dibuat.
Keberhasilan dalam menyelesaikan penulisan ilmiah yang berjudul “Otomatisasi Administrasi Jaringan Dengan Script Python” dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Tak lepas dari dosen pembimbing yang telah memberikan kemudahan dalam proses pembuatan penulisan. Nama dosen pembimbing adalah Bapak Onggo Wiryawan Msi.
Latar belakang dari penulisan ilmiah ini adalah ketika perangkat jaringan bertambah menjadi 2 atau 3, namun seiring dengan bertambahnya perangkat, sysadmin akan mulai menghadapi banyak masalah dan menghabiskan sangat banyak waktu di tambah dengan berbagai kesalahan dan ‘lupa’ yang bisa berakibat fatal.
Sebelum ada network automation, sysadmin melakukan konfigurasi secara manual dengan melakukan login ke setiap perangkat jaringan satu-persatu. Namun sekarang dengan menggunakan network automation tool untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang rumit tersebut, sehingga pekerjaan terselesaikan dengan lebih cepat. Otomatisasi TI memberi tim lebih banyak waktu untuk berinovasi. Otomasi adalah cara terbaik untuk mengelola lingkungan TI modern dengan masa depan dalam pikiran.
Penulisan ilmiah saya bertujuan menyederhanakan pekerjaan mengkonfigurasi perangkat jaringan Cisco router dan switch dengan cara network automation menggunakan bahasa pemprograman python.
Metode penulisan ilmiah yang digunakan, yaitu metode penelitian. Metode penelitian, terdiri dari :
1.    Perencanaan membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak.
2.    Proses perancangan dengan cara membuat skema jaringan sederhana yang menggambarkan hubungan antara mesin host dan mesin virtual.
3.    Penelitian mengimplementasikan network automation dengan bahasa pemprograman python yang akan di operasikan pada sistem operasi Linux Ubuntu. Lalu program python akan di jalankan untuk melakukan konfigurasi secara otomatis terhadap perangkat jaringan Cisco router dan switch.
4.    Pengujian setelah mengimplementasikan network automation dengan bahasa pemprograman python pada sistem operasi Ubuntu 14.04, maka akan di lakukan pengujian dengan menjalankan program python, lalu secara otomatis akan melakukan konfigurasi perangkat jaringan Cisco router dan switch.

Network automation menggunakan bahasa pemprograman python berguna untuk mempersingkat waktu dan dengan memanfaatkan telnet dan python. Program bisa melakukan network automation yaitu mengkonfigurasi banyak perangkat jaringan router dan switch secara bersamaan dan otomatis, sehingga tidak perlu melakukan login ke setiap perangkat jaringan satu-persatu.


DAFTAR PUSTAKA
         
https://study.com/academy/lesson/what-is-a-business-definition-characteristics-examples.html
http://onnocenter.or.id/wiki/
http://blog.cloudkilat.com





Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Pengantar Bisnis Informatika