Analisis top! 10 sistem operasi Linux

     “The Everyday Linux User” website didedikasikan untuk rata-rata, biasa, sehari-hari, pengguna komputer yang memiliki pengetahuan dasar komputer dan yang menggunakan komputer mereka untuk tugas umum seperti mendengarkan musik, bermain game, menonton video, menulis dokumen dan mengedit foto dan klip video.

Cukup pertanyaan yang umum ditanyakan di situs seperti Reddit dan Yahoo jawaban adalah "Yang distro yang harus saya gunakan?" Dan biasanya diikuti oleh satu set singkat persyaratan dan nama-nama distribusi yang pengguna telah mendengar tentang.

Pengguna bingung ketika mereka pertama kali datang ke Linux tentang yang distribusi mereka harus menggunakan dan saya telah mendengar orang mengatakan "Saya berpikir untuk Ubuntu atau Arch" atau "Saya sedang berpikir tentang Gentoo dan seberapa sulit untuk menggunakan Linux From Scratch".

Cukup sering para pengguna yang sama dikirim ke Distrowatch untuk memeriksa distribusi yang tercantum di situs tersebut dan saya yakin banyak dari para pengguna kemudian melihat peringkat ke sisi kanan.
Yang benar adalah bahwa meskipun keluar dari top 10 hanya segelintir yang benar-benar akan berguna untuk pemula atau pengguna sehari-hari.

Artikel ini daftar 10 besar distribusi menurut Distrowatch untuk 2013 dan memberikan gambaran singkat dari tujuan mereka distribusi dan apakah mereka adalah semacam sistem operasi pengguna baru atau rata-rata pengguna komputer harus menggunakan sebagai pelabuhan pertama mereka panggilan.

Linux Mint

     Linux Mint adalah jelas salah satu distro yang pembaca blog ini harus memeriksa.Urutan hari untuk Linux Mint adalah evolusi atas revolusi dan jika Anda sedang mencari berorientasi sistem operasi desktop tradisional dengan taskbars, sistem nampan dan menu maka Linux Mint pasti layak pergi.



Linux Mint adalah "langsung dari kotak" sistem operasi dan segera setelah Anda menginstalnya Anda dapat dengan mudah melakukan jenis tugas yang biasanya Anda lakukan tanpa harus menginstal perangkat lunak tambahan. Menyiapkan internet sangat mudah seperti menginstal peripheral.

Ada sejumlah lingkungan desktop yang berbeda tersedia untuk Linux Mint termasuk Cinnamon, MATE, XFCE dan bahkan KDE. Gunakan lingkungan desktop Cinnamon atau KDE pada hardware yang lebih baru dan MATE, XFCE lingkungan TI pada hardware lama.

Linux benar-benar baik di menempel tema dan sehingga tidak masalah yang lingkungan desktop Anda memilih umum tampilan dan nuansa dan perilaku dari sistem operasi adalah sama.

Ubuntu

   
     Ubuntu adalah distribusi yang kebanyakan orang telah mendengar dan akibatnya itu adalah pertama sistem operasi berbasis Linux yang mereka mencoba.

Fakta bahwa Ubuntu adalah nomor 2 dalam peringkat mungkin sebenarnya turun ke fakta bahwa karena kebanyakan orang telah mendengar tentang Ubuntu mereka pergi langsung ke halaman download daripada Distrowatch. Hal ini tentu saja pendapat dan belum tentu fakta.

Saya percaya bahwa Ubuntu adalah memberikan segala sesuatu yang ingin Microsoft Windows 8 untuk mencapai. The Unity Desktop setelah Anda terbiasa untuk itu adalah lingkungan desktop licin dan mudah untuk melihat bagaimana hal itu bisa bekerja pada desktop, laptop, tablet dan ponsel.

Ubuntu adalah bukan untuk semua orang meskipun.

Garis tipis antara integrasi dan intrusi dirambah oleh Ubuntu dan jika Anda tidak nyaman dengan melihat iklan untuk produk dalam pengalaman desktop Anda maka Anda mungkin ingin beralih ke distribusi lain atau salah satu buntus lainnya seperti Kubuntu, Lubuntu atau Xubuntu.

Tidak seperti Linux Mint penekanannya tentang pengujian batas-batas. Desktop, meskipun jelas tidak untuk beberapa selera masyarakat, yang berpikir ke depan dan modern.
Tambahkan ke campuran integrasi Steam untuk gaming dan Anda memiliki sistem operasi benar-benar baik .

Ubuntu jelas merupakan suatu sistem operasi berbasis Linux untuk pengguna sehari-hari.

Debian


     Debian telah sekitar untuk apa yang terasa seperti selamanya dan menyediakan dasar untuk ratusan distro lain termasuk Ubuntu dan Linux Mint.

Debian berisi satu set repositori dengan jumlah yang sangat besar aplikasi yang tersedia untuk pengguna untuk menginstal.

Versi dari Debian tersedia di situs mereka hanya menginstal perangkat lunak bebas dan tidak ada pihak ketiga atau produk proprietary disertakan secara default.

Untuk pengguna baru, menyiapkan Debian dapat sedikit dari sebuah tantangan dibandingkan dengan Ubuntu atau Linux Mint.

Pilihan yang versi Debian untuk menjalankan juga cukup rumit dan tergantung pada orang yang akan menggunakannya. Jika Anda ingin barang-barang terbaru hari ini maka Anda dapat menginstal cabang stabil yang memiliki semua produk terbaru, tetapi mereka mungkin atau mungkin tidak bekerja untuk Anda. Di ujung lain dari skala Anda dapat memilih cabang stabil yang memiliki versi perangkat lunak yang cukup banyak dijamin untuk bekerja.

Debian Linux adalah seperti Lego. Ini sangat bagus untuk orang-orang yang ingin mulai dari instalasi dasar dan membangun sesuatu dari bawah ke atas. Ini mungkin tidak cocok untuk orang-orang yang memiliki keterbatasan keterampilan komputer dan membutuhkan lebih dari kurva belajar dari Linux Mint atau Ubuntu.

Saya akan menyarankan bahwa Debian akan menjadi "The Next Step" ketika datang untuk mencoba Linux.

Mageia



     10 tahun yang lalu lanskap Linux tampak jauh berbeda dengan bagaimana tampilannya hari ini. Ubuntu masih dalam pengembangan.
Pada saat itu ada sistem operasi Linux lainnya memimpin jalan termasuk Mandrake (Mandriva), openSUSE dan PCLinuxOS. Mageia awalnya garpu dari basis kode Mandriva dan itu adalah distribusi berbasis masyarakat menargetkan jenis yang sama sebagai pengguna Ubuntu dan Mint. 

Mageia dalam teori adalah sistem operasi lain yang pengguna baru untuk Linux harus mencoba. 

Mageia dirilis untuk semua lingkungan desktop utama termasuk Gnome, KDE, XFCE dan LXDE. 

Saran saya adalah untuk benar-benar mencobanya karena ada orang di luar sana yang bersumpah dengan sistem operasi ini dan berpikir itu adalah yang terbaik yang ada. Apa yang akan saya katakan adalah bahwa meskipun jika Anda tidak menyukainya, jangan mengabaikan Linux berdasarkan pengalaman Anda dengan Mageia.

Fedora



     Pada awal artikel saya menyebutkan bahwa orang sering menyebut distribusi bahwa mereka telah mendengar sementara meminta nasihat tentang mana yang akan digunakan. Nama Fedora cukup sering muncul.
Fedora adalah cutting edge. Ada ketergantungan kurang pada stabilitas dan ketergantungan lebih pada mencoba hal-hal baru. Jika Anda ingin barang-barang terbaru sekarang maka Fedora pasti cara untuk pergi. 

Untuk pengguna baru meskipun installer itu sendiri adalah sedikit dari pelanggan rumit dan Anda mungkin menemukan masalah aneh saat Anda pergi bersama. 

Anda juga harus menyadari bahwa Fedora, bersama dengan Debian, hanya kapal dengan perangkat lunak bebas dan Anda harus melompat melalui beberapa rintangan tambahan untuk menginstal perangkat lunak berpemilik dan driver. 

Seperti dengan Debian, saya akan mengatakan bahwa Fedora adalah "The Next Step".

openSUSE



openSUSE adalah distribusi masyarakat dengan dukungan besar. 

Seperti Mageia dan Mint ada sejumlah lingkungan desktop untuk memilih dari termasuk Gnome, KDE, XFCE dan LXDE.

openSUSE pasti harus dicoba oleh pengguna baru dan pengguna yang mencari alternatif untuk Mint, Mageia dan Ubuntu. 

Sistem operasi yang stabil dan relatif mudah untuk membuat dan menggunakan.
openSUSE telah sekitar untuk waktu yang lama juga sehingga ada sedikit bahaya itu menghilang di dekat masa depan jangka menengah.

PCLinuxOS


Yang pasti harus mencoba bagi pengguna baru untuk Linux. Itu selalu mengejutkan saya bahwa PCLinuxOS merana bawahnya di atas 10 daripada duduk di 2 atau 3.


Untuk pengguna baru dan berpengalaman, PCLinuxOS menyediakan pengalaman yang paling dekat dengan apa yang mereka mungkin digunakan untuk dari salah satu distribusi tersebut (dengan kemungkinan pengecualian dari Linux Mint). 

Ada dukungan yang besar dan sebuah majalah bulanan yang besar dan masyarakat sangat ramah dan mendukung. 

PCLinuxOS memiliki KDE, MATE dan desktop yang LXDE lingkungan yang tersedia dan karena itu melayani komputer modern dan lebih tua. 

PCLinuxOS memiliki model rolling release yang berarti bahwa sekali Anda menginstalnya Anda tidak akan pernah harus meng-upgrade.

Manjaro


     Munculnya Manjaro telah tidak kekurangan menakjubkan. Berdasarkan Arch Linux, Manjaro memberikan entry point instan ke dunia Arch Linux.

Setup Manjaro cukup lurus ke depan dan kinerja sangat baik pada hardware lama dan modern. 

Kurva belajar untuk Manjaro berpotensi sedikit lebih curam daripada orang-orang seperti Mint, Ubuntu dan PCLinuxOS. 

Ini tidak selalu karena itu distribusi yang harus dipertimbangkan sebagai pilihan pertama bagi pengguna komputer rata-rata.

Arch


     Aku takut jumlah orang yang belum pernah mencoba Linux sebelum itu mengajukan pertanyaan "Haruskah saya mencoba Ubuntu atau Arch pertama?"
Jika Anda baru untuk Linux dan keterampilan komputer Anda terbatas maka Arch jelas bukan pelabuhan pertama Anda menelepon.

Bahkan jika Anda adalah seorang pengguna Linux yang berpengalaman, Arch mungkin tidak menjadi pelabuhan berikutnya panggilan.

Tidak ada keraguan bahwa Arch akan memberikan dasar untuk membangun dan menyesuaikan sistem operasi Anda seperti yang Anda inginkan, tapi untuk sampai ke sana Anda harus ingin menginvestasikan waktu dan Anda harus bersedia untuk belajar di kaki Anda ( suara seperti spesifikasi pekerjaan , harus menjadi diri -starter ).

Jika Anda dapat membaca dan mengikuti instruksi dan berpikir tentang apa yang Anda lakukan ketika Anda melakukannya maka pasti ada manfaat dalam mencoba Arch keluar. Pada akhirnya jika Anda berhasil maka Anda akan merasa puas mengetahui bahwa Anda memiliki sistem operasi yang stabil, aman, handal dan sangat responsif.

Dokumentasi untuk Arch sangat baik. Dukungan dari forum dapat menjadi hit sedikit dan miss tergantung pada apakah pertanyaan yang Anda ajukan menunjukkan bahwa Anda telah dimasukkan ke dalam upaya untuk mencoba dan memecahkan masalah Anda terlebih dahulu. Misalnya mengatakan bahwa Anda tidak dapat melakukan hal-hal dasar tanpa mengikuti panduan pemula akan dijawab dengan cara yang standar. Membaca manual.

Jika Anda adalah pengguna rata-rata maka Arch mungkin tidak untuk Anda.

Puppy


     Puppy dirancang untuk dijalankan dari USB pen drive atau dari DVD. Hal ini tidak dirancang untuk diinstal ke hard drive meskipun bisa.
Pendekatan yang diambil oleh Puppy adalah tentang minimalis di mana fungsi mengalahkan cantik grafis. 

Semua favorit biasa dapat diinstal termasuk FireFox dan VLC tetapi ada sejumlah alternatif ringan diinstal secara default. 

Puppy tidak benar-benar sistem operasi karena itu saya akan menyarankan pengguna berpengalaman untuk digunakan sebagai sistem operasi utama mereka tapi aku tidak bisa cukup menekankan bahwa Anda harus mencobanya dengan menjalankan dari USB drive. 

Anda dapat memiliki menyenangkan bermain-main dengan Puppy Linux dan jika Anda selalu membawa USB drive dengan Anda, maka Anda memiliki versi bootable Linux tersedia di mana pun Anda pergi.


Summary

     Semoga panduan ini telah menumpahkan beberapa lampu pada sistem operasi saat ini menempati slot atas di Distrowatch. Sekarang Anda harus dapat memilih dari distribusi yang paling relevan dengan situasi Anda. 

Untuk pengguna Linux sehari-hari saya sarankan salah satu dari Linux Mint, Ubuntu, Mageia, openSUSE dan PCLinuxOS dengan penambahan Puppy pada pen drive.
Terima kasih untuk membaca.






Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Analisis top! 10 sistem operasi Linux