Reset Passwd Ubuntu/ Linux Mint

Pernahkan anda lupa password dari akun anda dan anda tidak bisa login ke Ubuntu/ Linux Mint? Pada tutorial kali ini kita akan memakai Recovery Mode untuk mereset password yang kita lupa sehingga kita bisa login kembali di Ubuntu atau Linux Mint.

Langkah-langkahnya:
1.  Untuk memulai, restart komputer Anda dan sampai ke menu GRUB dengan menekan Shift saat boot. Arahkan kursor ke (Recovery mode):
2.  Tekan e untuk mengedit Boot options. cari baris linux /boot/vmlinuz-3.2.0-18-generic root=UUID=b8b64ed1-ae94-43c6-92\d2-a19dfd9a727e ro recovery nomodeset
3.  Jalur ini akan berbeda tergantung pada versi dan kernel tetapi harus memiliki tentang sintaks yang sama. Hapus bagian terakhir ganti rw init=/bin/bash
4.  selanjutnya tekan Ctrl+x atau F10 untuk memulai boot.

5.  Setelah terpilih user yang akan direset passwordnya, jalankan perintah:

passwd username

Note: Ganti username dengan username yang akan anda ganti.

Masukan passwordnya dua kali untuk username itu. Jika berhasil akan tampil:

"passwd: password updated successfully"

6.  Restart dengan cara menekan tombol Reboot atau Ctrl + Alt + Del


Nah, sekarang silahkan jalankan Linux Ubuntu dalam mode normal (bukan recovery mode). Gunakan password yang diubah pada mode recovery tadi.Tapi bagaimana bila yang lupa password root, maka mungkin cara berikut mungkin bisa. Yang mana caranya gak jauh beda dengan cara untuk reset password linux lainnya seperti redhat dan keturunannya.

Sekian dari Posting ini. Jika ada yang kurang jelas, sampaikan pada kotak komentar, Sampai jumpa pada posting lainnya.

Semoga bermanfaat :)





Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Reset Passwd Ubuntu/ Linux Mint